Install Emulator PS 1 Di Ubuntu


Halo para pembaca setia blog ini :) . Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya dalam hal instalasi emulator ps 1 di Ubuntu. Sebelumnya saya bingung gimana caranya, namun iseng saya nanya langsung sama Pak Google yang serba tahu :). Akhirnya saya menemukan
halaman INI, berdasarkan tulisan tersebut ternyata tidak sulit memasang emulator ps 1 di Ubuntu. Langsung saja akan saya jabarkan caranya :

  • Download File Emulatornya DISINI (Official Website), DISINI (Mediafire), Atau DISINI (Box). (Ukuran Filenya kecil cuma 816.2 KB)
  • File tersebut dalam format .DEB
  • Langsung saja anda install dengan pengalaman anda dalam instalasi paket .DEB .
  • Tunggu hingga selesai.
  • Setelah selesai anda dapat mengaksesnya di Applications > Games > PCSX , atau melalui terminal dengan mengetikkan pcsx.


Berdasarkan artikel yang saya baca tersebut, konon katanya anda akan dibingungkan tentang pengaturan controller. Karena secara default, settingan dari PCSX di disable untuk diubah. Solusinya adalah dengan mengganti permission dari file eksekusi PCSX tersebut.

Caranya gampang :
  • Pertama buka terminal.
  • ketikkan sudo chmod 755 /usr/games/pcsx
  • Selesai, PCSX emulator siap digunakan.
  • Controllernya dapat langsung disetting di Tab Configuration > Controllers .
  • Untuk memainkan rom dengan ekstensi .bin / .img dsb, pilih Tab File > Run ISO
  • Selamat Mencoba.


Silahkan cari rom ps1 di google.com :)

Ini dia sedikit screenshoot dari saya saat running game Harvest Moon




2 komentar:

  1. Terimakasih banyak, telah berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 gan, keep learn about linux and Go Open Source :)

      Hapus